LMK Akan Gantikan Dewan Kelurahan

Posted by Forum Komunikasi Warga Guji Baru (FKWGB) On Kamis, 23 Desember 2010 1 komentar
KEMBANGAN (Pos Kota) – Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) sebagai pengganti Dewan Kelurahan (Dekel) di DKI Jakarta diharapkan Pemda DKI Jakarta Mei 2011 sudah terbentuk.

“Ini sesuai UU No.29 tahun 2007 LMK sudah mulai melaksanakan tugasnya pada Mei 2011 karena Dekel masa bhaktinya sampai April 2011,” kata, Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Hj. Sylviana Murni pada pembukaan acara sosialisasi Perda No.5 tahun 2010 tentang Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) di Ruang Serba Guna kantor Walikota Jakarta Jarat,Rabu(22/12).

Keberadaan LMK menurut Sylviana untuk membantu tugas-tugas kepemerintahan di tingkat kelurahan dan kecamatan , maka peran LMK sebagai pengganti Dekel itu sangat dibutuhkan.

Untuk membantu pelaksanaan program Pemprov DKI Jakarta. Jika ada permasalahan di wilayahnya segera mengadakan koordinasi dengan Lurah. “Jangan langsung disampaikan kepada Gubernur selama masihbisa diselesaikan di tingkat Lurah, Camat atau Walikota,”harapnya.

Selain Lurah dan Camat dalam melaksanakan tugasnya transparan sehingga masyarakat memahami.”Berdayakan masyarakatuntuk memahami program Pemprov DKI Jakarta dan program pemerintah,”ujarnya.

Walikota Jakarta Barat H. Burhanuddin berharap LMK sebagai wadah masyarakat dalam menyampaikan dan menyalurkan aspirasi secara demokratis,mengedepankan musyawarah dan mufakat sehingga mampu menjadi forum dan media bagi masyarakat untuk penyelesaian masalah sosial kemasyarakatan dalam membantu pemerintah terutama mensosialisasikan peraturan perundangan dan program lainnya..”Sesuai Perda 5 tahun 2010 yang diundangkan dalam lembaran daerah,maka mulai 3 November 2010 Dekel dicabut dan dinyatakan tidak berlaku

Walikota berharap Perda No 5 tahun 2010 ini benar-benar sampai ke masyarakat. “Indikator keberhasilan dari proses sosialisasi ini adalah semakin banyaknya komponen atau elemen masyarakat JakartayangtahudanmemahanmikeberadaanLMK,”ujarnya.

Menurut Sulistiyono, Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta mulai awal Maret dibentuk Panitia Pemilihan Calon LMK, dilanjutkan pembentukan Panitia Pemilihan Bakal Calon, selanjutnya akhir Maret dilakukan pemilihan LMK di masing-masing kelurahan. “Diharapkan Mei 2011 seluruh LMK se DKI Jakarta sudah terbetuk,”katanya.(herman/B)

1 komentar to LMK Akan Gantikan Dewan Kelurahan

  1. says:

    Pasaribu Tentu ada biaya pembentukan LMK ditingkat RW,perlu kertas dan lain lain.Biayanya tidak pernah di gubris dan besarnya berapa?Ini harus transparan agar jangan menjadi ajang korupsi di era korupsi sekarang.

Poskan Komentar